Jumat, 20 Februari 2015

SENI LUKIS


A.   Pengertian
Seni lukis merupakan salah satu cabang seni rupa yang berdimensi dua. Melukis adalah kegiatan mambubuhkan cat (kental maupun cair) di atas bidang yang datar. Pembubuhan cat tersebut diharapkan dapat mengekspresikan berbagai makna atau nilai subjektif.

B.    Bahan dan Alat

1.     Bahan

Bahan melukis adalah segala material yang dapat digunakan untuk kegiatan melukis. Bahan untuk melukis dapat di dibedakan menjadi dua, yaitu cat atau tinta (cat air, cat akrilik, tinta cina, dan pewarna lainnya) dan bidang lukis (kertas, kanvas, triplek, kaca, keramik, tembok, dan lainnya).

2.    Alat

Alat melukis adalah segala perkakas yang dapat digunakan dalam kegiatan melukis. Untuk melukis, kita dapat menggunakan kuas cat air, kuas cat minyak, pusau palet, sprayer, dan esel.

C.    Teknik

Teknik melukis adalah cara-cara yang digunakan untuk melukis. Teknik melukis dapat menggunakan beberapa cara, yaitu; aquarel atau transparan, plakat atau menutup, spray atao semprot, pointilis atau titik-titik, dan tempra.

1.     Aquarel

Teknik aquarel atau transparan adalah cara melukis dengan menggunakan bahan cat air dengan sapuan warna yang tipis sehingga hasilnya tembus pandang (transparent).

2.    Plakat

Teknik plakat merupaka cara melukis dengan bahan cat air, cat akrilik, atau cat minyak dengan sapuan warna yang tebal atau kental sehingga hasilnya tampak pekat atau menutup.

3.    Spray

Teknik spray atau semprot adalah cara melukis, dengan bahan cat yang cair yang disemprotkan dengan sprayer. Teknik ini sering digunakan untuk membuat reklame visual.

4.    Pointilis

Teknik pointilis atau titik-titik merupakan cara melukis yang dalam membuat gelap-terangnya gambar atau pencampuran warna dengan membuat titik-titik.

5.    Tempra

Teknik tempra merupakan cara melukis pada tembok dengan sedemikian rupa sehingga hasilnya menyatu dengan arsitektur.

 

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar