Jumat, 20 Februari 2015

Fungsi Lidah Pada Manusia



Fungsi Lidah Pada Manusia

Cita Rasa. Selera, reseptor sensorik untuk rasa, yang terletak di lidah.
Ucapan. Gerakan lidah sangat penting untuk artikulasi.
Mengunyah dan menelan. Lidah membantu gigi dan bagian lain dari mulut dengan mengunyah makanan dan melewati bawah tenggorokan sebagai bagian pertama dari proses menelan.

Membersihkan. Gerakan lidah mengusir partikel makanan yang terjebak di antara gigi, gusi dan pipi sehingga dapat meludahkan atau tertelan.

 Lidah adalah kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang dapat membantu pencernaan makanan dengan mengunyah dan menelan. fungsi Lidah dikenal sebagai indera pengecap yang banyak memiliki struktur tunas pengecap. fungsi Lidah juga turut membantu dalam tindakan bicara.Juga membantu membolak balik makanan dalam mulut.

 Lidah merupakan massa jaringan pengikat dan otot lurik yang diliputi oleh membran mukosa

Membran mukosa melekat erat pada otot karena jaringan penyambung lamina propia menembus ke dalam ruang-ruang antar berkas-berkas otot.
Pada bagian bawah lidah membran mukosanya halus. Lidah juga merupakan suatu rawan (cartilago) yang akarnya tertanam pada bagian posterior rongga mulut (cavum oris) dekat dengan katup epiglotis yang menuju ke laryng.

Lidah merupakan bagian tubuh penting untuk indra pengecap yang terdapat kemoreseptor (bagian yang berfungsi untuk menangkap rangsangan kimia yang larut pada air) untuk merasakan respon rasa asin, asam, pahit dan rasa manis. Tiap rasa pada zat yang masuk ke dalam rongga mulut akan direspon oleh lidah di tempat yang berbeda-beda.

Struktur lainnya yang berhubungan dengan fungsi lidah sering disebut lingual, dari bahasa Latin lingua atau glossa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar